Rabu, 29 Juli 2009

JENIS – JENIS SISTEM OPERASI


Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang akan dirilis pada tahun 2007)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).


Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

1. DOS (Disk Operating Sistem)

  • DOS merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan system operasi
  • Disk Operating Sistem dipakai pada media penyimpanan disk baik disket maupun harddisk
  • Pada saat menjalankan DOS maka pertama kali akan muncul tampilan
    Starting MS DOS...
    Current date is sun 02-26-1999
    Enter new date (mm-dd-yy) : _
  • Komputer akan menanyakan tanggal yang berlaku saat itu dengan tetap menampilkan tanggal yang diketahui computer.
  • Beberapa Fungsi dari Operating system (DOS) adalah:
    1. Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan computer
    2. Mengatur Memori
    3. Mengatur proses input dan output data
    4. Menegement file
    5. Management directory
  • Proses Booting pada DOS :
    Proses Booting adalah peristiwa pelaksanaan awal (start-up) komputer untuk mengambil sistem operasi dari disk yang mendasari aktifnya komputer.
  • Proses booting dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menghidupkan komputer (dari power off menjadi power on) atau dengan menekan tiga tombol bersamaan (tombol Ctrl-Alt-Del) pada saat komputer sudah hidup.








Current time is 6:26:19.98a
Enter new time :

Sejarah DOS

  1. DOS 1.0, merupakan Versi DOS yang paling awal. Mampu mengakses disk drive dengan kapasitas 320 Kilobyte
  2. DOS 2.0, DOS versi ini memiliki perintah country untuk menset operasi tanggal & waktu pada suatu negara.
  3. DOS 3.0, mendukung pemakaian disk drive 1.2 Megabyte & pemakaian RAMdisk.
  4. DOS 3.1, Memiliki kelebihan pada sistem network komputer
  5. DOS 3.2, mampu memanfaatkan disk drive 3.5 inchi ukuran 729 Kilobyte.
  6. DOS 3.3, memakai hard disk 32 Megabyte
  7. DOS 4.0, memiliki fasilitas shell untuk mengontrol kerja komputer dengan sistem menu
  8. DOS 5.0, penambahan fasilitas baru seperti MIRROR, UNDELETE, dan UNFORMAT.
  9. DOS 6.0, terdapat penambahan perintah-perintah konfigurasi & batch file.
  • Pada sistem operasi MS DOS, dilengkapi fasilitas untuk mengelola file dan direktori,seperti :
    • Menampilkan daftar file dan direktori
    • Menampilkan struktur file dan direktori
    • Mengganti nama file
    • Memindahkan file dan mengganti nama direktori
    • Menyalin file

2. Microsoft Windows


Microsoft windows merupakan deretan nama sistem operasi untuk personal computer (PC) dan server yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 1985 untuk menyaingi sistem Apple, yaitu Apple Macintosh yang telah menggunakan teknologi GUI (Graphical Unit Interface). Saat ini keluarga Microsoft Windows telah menguasai pasar sistem operasi untuk komputer pribadi (PC), dimana bagian pasar untuk Windwos menguasai sekitar 95% untuk komputer pribadi.
Beberapa contoh tipe sistem operasi windows yang pernah diluncurkan oleh Microsoft adalah:

  • Windows 1.0, merupakan versi pertama windows untuk komputer PC yang dirilis pada tanggal 20 November 1985. Windows 1.0 telah mengimplementasikan sistem multitasking dan GUI.
  • Windows 2.0, merupakan versi windows yang dirilis tahun 1987. Model GUI dari Windows 2.0 mirip dengan model Mac OS. Model maximize dan minimize windows baru diimplementasikan pada versi ini.

  • Windows 3.x, terdiri dari versi Windows 3.0 dan Windows 3.1. Windows 3.0 dirilis tanggal 22 Mei 1990 melakukan perbaikan pada manajemen memori pada prosesor Intel 80286 dan 80386. Windows 3.1 dirilis tanggal 18 Maret 1992 telah melakukan perbaikan pada teknologi font menggunakan True Type Font serta juga mengikutkan game Minesweeper dan Reversi.
  • Windows 95, merupakan versi windows hybrid 16 bit / 32 bit yang dirilis tangga 24 Agustus 1995. Windows 95 menerapkan model GUI yang baru yaitu dengan model desktop dan start menu, serta mendukung nama file yang panjang yaitu 256 karakter.

  • Windows 98, sama seperti windows 95 merupakan versi windows hybrid 16 bit / 32 bit. Windows 98 dirilis tanggal 25 Juni 1998 telah mendukung driver AGP lebih baik, antarmuka USB, dan multi monitor. Versi perbaikan dari windows 98 adalah Windows 98 Second Edition (Windows 98 SE) yang dirilis tanggal 10 Juni 1999.

  • Windows Me (Millenium Edition), merupakan versi windows GUI 32 bit yang dirilis tanggal 14 September 2000. Sebagai kelanjutan versi windows 95 dan windows 98, windows Me menambahkan aplikasi multimedia pada paketnya seperti Windows Media Player 7 dan Windows Movie Maker.

  • Windows NT, sejak dikembangkan mulai tahun 1988, windows NT (New Technology) dikenal dengan nama OS/2 3.0, yaitu sistem operasi ketiga yang dikembangkan secara bersama-sama antara Microsoft dan IBM. Windows NT merupakan sistem operasi yang bekerja pada jaringan komputer berbeda dengan versi windows untuk komputer pribade yang stand alone. Versi-versi windows NT yang telah dirilis adalah:

    * Windows NT 3.1, dirilis Juli 1993.
    * Windows NT 3.5, dirilis September 1994.
    * Windows NT 3.51, dirilis Mei 1995.
    * Windows NT 4.0, dirilis Juli 1996.

  • Windows 2000, mempunyai nama lain Win2K dan Windows NT 5.0 dirilis tanggal 17 Februari 2000. Sebagai jalur kelanjutan dari sistem operasi windows NT, windows 2000 menawarkan beberapa versi untuk komputer server, yaitu:
    * Windows 2000 Professional.
    * Windows 2000 Server.
    * Windows 2000 Advance Server.
    * Windows 2000 Data Center.
    Windows 2000 sepenuhnya mendukung NT File System (NTFS) untuk semua versinya. Karena windows 2000 bersifat user restricted, maka arsitektur sistem operasi punya dua model yaitu user mode dan kernel mode.

  • Windows XP, merupakan versi client dari sistem operasi windows dirilis tanggal 25 Oktober 2001. XP merupakan singkatan dari “experience”. Beberapa versi yang telah dirilis dari windows XP adalah:
    ü Windows XP Home Edition, ditujukan untuk pengguna pribadi atau rumah.
    ü Windows XP Profesional Edition, ditujukan untuk pengguna bisnis dan power user.
    ü Windows XP Media Center Edition, merupakan versi tambahan dari ver Profesional Edition dengan tambahan aplikasi multimedia, seperti koneksi TV, streaming, dll.

  • Windows Server 2003, mempunyai nama lain Windows NT 5.2 dirilis tanggal 24 April 2003. Windows 2003 Server merupakan kelanjutan dari Windows 2000 Server yang memiliki fitur dan kompatibilitas seperti Windows XP. Beberapa versi dari Windows 2003 Server adalah:
    * Windows Small Business Server 2003.
    * Windows Server 2003 Web Edition.
    * Windows Server 2003 Standard Edition.
    * Windows Server 2003 Enterprise Edition.
    * Windows Server 2003 Datacenter Edition.
    * Windows Server 2003 Compute Cluster Edition.
    * Windows Storage Server 2003.
  • Windows CE, biasanya disebut juga dengan nama WinCE. Windows CE adalah jenis sistem operasi Microsoft Windows untuk komputer yang kecil atau embedded system seperti smartphone, PDA, Pocket PC, dan Handled PC. Nama CE sendiri merupakan singkatan dari “Compact Edition”, yang berarti sistem operasi Windows untuk sistem yang minimalis. Sistem operasi ini mendukung prosesor jenis Intel x86, MIPS, ARM Family, dan Hitachi SuperH.
3. Linux
Linux merupakan perangkat lunak bersifat non komersial dan open source yang sangat terkenal saat ini, berbeda dengan Windows dan Mac OS yang bersifat komersial dan closed source. Sebenarnya linux adalah istilah untuk kernel sistem operasi dan linux merupakan salah satu kernel sistem operasi yang berbasis pada sistem operasi Unix (Unix-like), seperti Minix, FreeBSD, dll. Karena linux merupakan kernel sistem operasi, maka banyak sekali jenis sistem operasi yang berbasis kernel linux yang beredar saat ini yang dinamakan linux distribution.
Pada awalnya linux dikembangkan sebagai hobi oleh salah seorang mahasiswa Universitas Helsinki bernama Linus Torvalds. Torvalds sendiri menggunakan sistem operasi Minix pada komputernya, dimana Minix merupakan kernel sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Minix menjadi inspirasi Torvalds untuk membuat kernel pengganti dari Minix yang selanjutnya dinamakan Linux. Linux pada awalnya berjalan sebagai terminal emulator yang melakukan proses booting dari floppy disk. Kernel linux ditulis menggunakan bahasa asembli IA-32 dan bahasa C.
Versi pertama kernel linux dipublikasikan di internet pada September 1991 dan versi keduanya dirilis tidak lama setelah itu, yaitu pada bulan Oktober 1991. Sejak saat itu, banyak sekali pengembang perangkat lunak di dunia tertarik untuk ikut serta dalam proyek ini. Hingga saat ini kernel linux telah dikembangkan secara bersama-sama oleh komunitas pengembang perangkat lunak di seluruh dunia.
Logo linux adalah seekor penguin bernama Tux. Logo Tux diciptakan oleh Larry Ewing pada tahun 1996, yang merupakan seekor penguin lucu yang terlihat tenang dan sedang bahagia. Nama tux sendiri masih simpang siur asalnya, ada yang mendefinisikan berasal dari singkatan Torvalds UniX. Selain itu gambar penguin tersebut seperti sedang memakai tuxedo, sehingga diberi nama Tux.

Saat ini kernel linux sudah banyak digunakan oleh beberapa produsen sistem operasi sebagai basis kernelnya. Sistem-sistem operasi yang memakai linux sebagai basis kernelnya disebut sebagai linux distribution atau distribusi linux. Beberapa macam distribusi linux adalah:
  • Red Hat Linux, dikembangkan oleh perusahaan Red Hat, Inc. Red Hat Linux versi pertama (1.0) dirilis tanggal 3 November 1994. Pada versi awal (1.0 dan 1.1) Red Hat Linux bersifat komersial, namun setelah itu bersifat freeware dan open source. Pengembangan terakhir pada versi 9.0 dan selanjutnya Red Hat hanya mengembangkan versi Red Hat Enterprise Linux.
  • SUSE Linux, dikembangkan oleh perusahaan di Jerman bernama Novell, Inc. SUSE Linux sepenuhnya bersifat freeware dan open source. SUSE Linux versi pertama (1.0) dirilis bulan Maret 1994 dan versi terakhir adalah versi 10.0 dirilis bulan September 2005.
  • Mandrake Linux, dikembangkan oleh Mandriva atau nama lainnya adalah Mandraksoft. Mandrake Linux sepenuhnya bersifat freeware dan open source. Mandrake Linux versi pertama menggunakan basis sistem operasi Red Hat Linux versi 5.1 dan KDE 1.0 dirilis pada bulan Juli 1998. Selanjutnya Mandrake Linux mengembangkan sepenuhnya sistem operasi sendiri dan versi terakhir yaitu versi (10.2) pada tahun 2005.
  • Debian Linux, adalah versi sistem operasi linux yang dikembangkan oleh Debian Project yang diprakarsai oleh Ian Murdock pada tahun 1993. Debian linux dikembangkan secara tersebar oleh kolaborasi dari para sukarelawan pengembang di seluruh dunia. Seperti jenis linux lainnya, Debian Linux sepenuhnya bersifat freeware dan open source. Versi pertama Debian adalah versi 0.9x yang dirilis pada tahun 1994. Sampai saat ini Debian telah mencapai versi 3.1 yang dirilis tanggal 6 Juni 2005. Nama Debian sendiri berasal dari gabungan antara nama kekasih dari Ian Murdock (sekarang istrinya) bernama Debra dan namanya sendiri Ian (Deb dan Ian).
  • Slackware Linux, adalah salah satu dari distribusi linux yang dikembangkan oleh Patrick Volkerding di Slackware Linux Inc. Versi pertama Slackware adalah versi 1.00 yang dirilis pada tanggal 16 Juli 1993 oleh Patrick Volkerding, yang merupakan pimpinan proyek dari Slackware Linux. Sedangkan versi terakhir dari Slackware adalah versi 10.2 yang dirilis tanggal 14 September 2005. Logo dari slackware adalah Tux (penguin linux) yang sedang memakai pipa rokok.
  • Fedora Core, adalah salah satu distribusi linux yang dikembangkan oleh komunitas pengembang bernama Fedora Project dan disponsori oleh RedHat. Fedora Core merupakan sistem operasi linux turunan dari distribusi RedHat Linux. Sejak RedHat memutuskan untuk hanya memproduksi versi Enterprise Server dan bersifat komersial, maka pengembangan versi freeware diteruskan oleh Fedora Project. Versi pertama dirilis dengan nama Fedora Core 1 pada tanggal 6 Novermber 2003. Versi terakhir dari Fedora Core adalah Fedora Core 4 yang dirilis tanggal 13 Juni 2005. Fedora Core 4 sudah mendukung sistem komputer dengan arsitektur i386, AMD64, dan PowerPC.

4. SunOS
SunOS adalah jenis sistem operasi berbasis Unix yang dikembangkan dan digunakan oleh Sun Microsystems untuk sistem komputer mereka yang bernama SPARC. SunOS pertama kali dikembangkan pada tahun 1982 dengan menggunakan basis BSD. Namun setelah SunOS versi 4, Sun mengubah sistemnya menjadi berbasis System V. SunOS versi 5 berubah namanya menjadi sistem operasi Solaris versi 2. Setelah itu sistem operasi SunOS versi sebelumnya berganti nama menjadi Solaris 1.x.
Pada perjalanannya, Sun telah mengembangkan sistem operasi Solaris sampai dengan sekarang. Namun pada Solaris versi 2.6, Sun telah mengubah sistem penomoran versinya. Angka dua pada digit awal versi dihilangkan sehingga Solaris 2.6 berganti nama menjadi Solaris 6. Sistem ini terus berlanjut sampai Solaris versi terakhir yaitu Solaris 10 yang dirilis pada tanggal 31 Januari 2005. Untuk solaris 1.x tetap menggunakan nama SunOS. Solaris ditujukan untuk sistem operasi SunOS yang memiliki fasilitas Graphical User Environment, ONC+, jaringan komputer, dan tambahan-tambahan fasilitas yang lainnya.

Solaris 10 adalah sistem operasi yang bersifat free software dalam koteks lisensinya. Kode sumber dan kode biner dari solaris dapat didownload di situs Sun Microsystems secara gratis. Jenis lisensi CDDL (Common Development and Distribution License) milik Sun telah disetujui untuk dijadikan lisensi dari OpenSolaris. Istilah OpenSolaris dimunculkan pada tanggal 14 Juni 2005, yang mengambil kode pengembangan Solaris. Untuk rilis sistem operasi berikutnya, Solaris merupakan produk jadian dari OpenSolaris.

Solaris menggunakan basis kode yang umum untuk dua jenis arsitektur sistem komputer yaitu SPARC dan x86. Pada Solaris 10 telah mendukung arsitektur komputer x86 64 bit yang dapat berjalan dengan baik seperti pada arsitektur SPARC dan x86 32 bit. Solaris sangat erat terintegrasi dengan perangkat keras Sun SPARC, bahkan telah dirancang dan dipasarkan dalam bentuk paket produk perangkat komputer. Selain itu sejak dimulainya teknologi 64 bit pada perangkat keras komputer Sun telah meluncurkan versi 64 bit dari Solaris 10 dan telah dipasarkan menjadi bagian pada server AMD64.

5. MacOS
MacOS merupakan singkatan dari Macintosh Operating System. MacOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Computer untuk digunakan sebagai sistem operasi pertama pada komputer Macintosh. Pada kenyataannya MacOS telah menjadi sistem operasi komersial pertama yang sukses dengan menggunakan teknik Graphical User Interface (GUI). Tim Macintosh yang telah merancang dan membangun perangkat keras dan perangkat lunak Macintosh yang asli terdiri dari: Bill Atkinson, Chris Espinosa, Joanna Hoffman, George Crow, Burrell Smith, Jerry Manock, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld.

Sistem operasi Macintosh pada awalnya terdiri atas dua bagian perangkat lunak, yaitu bernama “System” dan “Finder”, dan setiap bagian memiliki nomor versi sendiri-sendiri. Untuk menyatakan versi yang lebih baru dari sistem operasi MacOC, maka Macintosh memakai System Software untuk versi sistem operasi mereka. Versi awal dari MacOS adalah System 1.0 dengan Finder 1.0. Pada versi ini sistem operasi hanya bisa menjalankan satu aplikasi saja dalam satu waktu.

Sejak dirilisnya versi System 5, sistem operasi telah ditambahkan program bernama “MultiFinder”. MultiFinder merupakan program yang menggantikan Finder agar bisa menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu (multitasking). System 5 juga menjadi sistem operasi Macintosh pertama yang menggunakan sistem penomoran versi “Macintosh System Software”. System Software 5.0 menggunakan program System 4.2, Finder 6.0, dan MultiFinder 1.0. Pada versi 8, sistem penamaan versi MacOS diganti dengan memakai nama MacOS sendiri. Versi 8 diberi nama MacOS 8 bukan System 8.

Versi terakhir dari sistem operasi MacOS adalah MacOS X. Sebenarnya MacOS X adalah MacOS 10, dimana angka 10 dikodekan dengan simbol romawi menjadi X. MacOS X telah mengadopsi sistem manajemen memori dan model multitasking milik Unix untuk platform komputer Macintosh. Dengan begitu fitur ini akan meningkatkan kinerja sistem operasi. Akan tetapi seperti pada versi awal, sistem operasi MacOS X juga masih hanya mendukung prosesor PowerPC G3 atau yang lebih baru. Versi pertama dari MacOS X adalah MacOS X v10.0 dengan nama Cheetah yang dirilis pada tanggal 24 Maret 2001. Versi terbaru dari MacOS X saat ini adalah MacOS X v10.4.2 yang dirilis pada tanggal 12 Juli 2005 dengan nama Tiger.

6. Sistem Operasi Lainnya
Selain beberapa sistem operasi di atas, banyak sekali jenis sistem operasi yang telah beredar di pasaran. Beberapa sistem operasi memiliki fungsi khusus pada sistem komputer yang khusus pula. Jenis-jenis sistem operasi yang lain tersebut adalah:

  • FreeBSD, adalah jenis sistem operasi Unix yang bersifat freeware dan opensource. Sistem operasi ini adalah turunan dari AT&T Unix yang dikembangkan oleh Berkeley Software Distribution (BSD). Sistem operasi ini kompatibel dengan prosesor Intel x86 family, DEC Alpha, UltraSPARC, Itanium (IA-64), dan AMD64. Pengembangan FreeBSD dimulai pada tahun 1993 dan baru merilis versi FreeBSD 2.0 pada Januari 1995. Versi paling baru dari FreeBSD adalah FreeBSD 5.4.
  • BeOS, adalah jenis sistem operasi untuk komputer pribadi (PC) yang dikembangkan oleh Be Incorporated. BeOS adalah singkatan dari Be Operating System, pertama kali dikembangkan pada tahun 1991 untuk dijalankan pada perangkat keras BeBox. Mulai pada versi R3, BeOS sudah mendukung sistem komputer dengan arsitektur Intel x86. Saat ini BeOS sudah merilis versi yang paling baru yaitu versi BeOS R5.03 yang dirilis pada tanggal 9 Agustus 2000. BeOS merupakan sistem operasi yang bersifat komersial dan closed source.
  • AmigaOS, adalah jenis sistem operasi standar dari perangkat komputer pribadi Amiga dan AmigaOne. Amiga adalah jenis sistem komputer yang menggunakan prosesor keluarga Motorola 68000. Sampai pada versi AmigaOS 3.5, sistem operasi ini menggunakan dua komponen utama, yaitu KickStart dan Workbench. Modul KickStart digunakan sebagai modul untuk proses booting, sedangkan WorkBench digunakan sebagai modul grafik dari sistem operasi AmigaOS. Pengembangan AmigaOS dimulai sejak dibuatnya komputer Amiga pertama (Amiga 1000), yaitu pada tahun 1985 dengan versi AmigaOS 1.0. Versi terbaru dari AmigaOS adalah prerelease dari AmigaOS 4.0 yang dirilis pada bulan Juni 2004 yang digunakan pada komputer AmigaOne. AmigaOS adalah sistem operasi yang bersifat komersial dan closed source.
  • Symbian OS, adalah jenis sistem operasi yang digunakan pada perangkat komputer minimalis atau embedded system. Symbian OS dikembangkan oleh perusahaan Symbian Ltd. Sistem operasi ini merupakan turunan dari sistem Psion dari EPOC. Saat ini Symbian dimiliki secara bersama-sama oleh Ericsson, Panasonic, Nokia, Samsung, Siemens AG, dan Sony Ericsson.
    Sistem operasi ini mendukung berbagai jenis user interface untuk perangkat yang berbeda-beda, seperti UIQ, Nokia seri 60, dan Nokia seri 80. Versi pertama dari Symbian OS adalah versi v6.0 yang merupakan kelanjutan dari Psion ER5U dan pertama kali digunakan pada Nokia 9200. Versi paling baru adalah Symbian OS v9.1 yang akan digunakan pada Nokia N921. Beberapa perangkat yang menggunakan sistem operasi Symbian OS adalah:
    > Ericsson R380 (tahun 2000), smartphone komersial pertama yang menggunakan Symbian OS.
    > Nokia 9210 Communicator (tahun 2001), 9300 Communicator (tahun 2004), dan 9500 Communicator (tahun 2004) menggunakan interface Nokia seri 80.
    > Sony Ericsson P800 (tahun 2002), P900 (tahun 2003), P910 (tahun 2004), Motorola A920, A925, A1000, DoCoMo M1000, BenQ P30, P31 menggunakan user interface UIQ.
    > Nokia seri 60 seperti Nokia 7650, Nokia 3650, Nokia 3620/3660, Nokia 6600, Nokia 7610, Nokia N-Gage, Nokia N-Gage QD, Nokia 6630, Nokia 6680, Nokia N90 dan Nokia N91.
    > Nokia 7710 menggunakan interface Nokia seri 90.
  • Palm OS, adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh PalmSource Inc. untuk perangkat PDA (Personal Digital Asistant). Pada bulan Mei 2005, PalmSource telah mengubah nama Palm menjadi PalmOne, sehingga mulai bulan Agustus 2005 nama Palm OS sudah tidak digunakan lagi dan diganti menjadi PalmOne. Pada awalnya Palm OS dikembangkan oleh Jeff Hawkins untuk digunakan pada PDA Pilot dari US Robotics. Versi pertama adalah Palm OS 1.0 yang digunakan pada Pilot 1000 dan 5000.
  • Perkembangan selanjutnya Palm OS terbagi menjadi dua versi utama, yaitu Palm OS Garnet (5.x) dan Palm OS Cobalt (6.x). Namun pada Agustus 2005, semua perangkat yang mendukung sudah menggunakan versi Palm OS Garnet semuanya, hal ini disebabkan adanya kebijakan bahwa Palm OS Cobalt akan dikembangkan untuk berjalan di atas kernel Linux.

2 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
  2. terima ksh telah mmbrikan jenis2 SO close source

    BalasHapus